Cara Mengukur Arus Listrik

Xi’an Koso Biotechnology Co., Ltd. is a newly established high-tech industrial company. It is specialized in providing R & D, production and sales of products for global health care, medicine and cosmetics industries. Relying on rich planting experience, strong technical force, advanced production equipment and perfect R & D team, Xi’an Keshuo Biotechnology Co., Ltd. provides innovative products for customers. Keshuo company from the source to provide customers with quality assurance, professional planting base and picking team, high-level technical research and development personnel and advanced production equipment, aiming to provide customers with high-quality plant raw materials. The company has many departments such as market, R & D, production and sales. The R & D center has many advanced testing, experimental and pilot equipment, such as liquid chromatography, gas chromatography, magnetic driving autoclave, etc. the workshop has plant extraction line, and dynamic countercurrent extraction, column separation technology, membrane separation technology, countercurrent extraction, microwave drying technology, spray drying. Hormone and other advanced production equipment, strong technical force, annual output of 1500 tons, complete product specifications, stable quality.

Kekuatan arus listrik (amperage) adalah jumlah aliran listrik yang menghantar melalui komponen-komponen listrik, misalnya kabel. Kekuatan arus listrik mengukur banyaknya elektron yang melewati titik tertentu dalam kurun waktu tertentu, dengan 1 ampere (atau “amp”) bernilai sama dengan 1 coulomb in line with detik. Mengukur arus listrik sangat penting ketika Anda slot deposit 10 ribu berurusan dengan rangkaian listrik, terutama untuk memastikan bahwa tidak ada kabel yang terbebani arus yang melebihi kapasitasnya. Anda bisa mengukur arus listrik dengan alat khusus bernama multimeter.

Langkah

Tentukan rating arus listrik multimeter. Multimeter adalah alat kecil yang bisa digunakan untuk mengukur voltase, resistansi, dan arus listrik. Setiap model memiliki score untuk menangani jumlah arus tertentu, dan rating ini harus sesuai dengan alat listrik yang ingin Anda ukur. Sebagai contoh, jika Anda menggunakan multimeter dengan score 10 ampere untuk mengukur two hundred ampere, sumbu multimeter akan rusak. score arus listrik ini akan dicantumkan pada unit dan panduan penggunaan produk.

Pilih fungsi multimeter yang sesuai. Sebagian besar multimeter memiliki fungsi untuk mengukur beberapa kuantitas. Untuk mengukur arus listik, Anda perlu menyetel fungsi ke DC atau AC, sesuai dengan sistem listrik yang diuji. Sumber daya sistem akan menentukan jenis arus listrik. Sebagai contoh, daya di rumah tangga adalah AC, sementara daya dari baterai adalah DC.

Atur rentang multimeter Anda. Untuk memastikan sumbu multimeter Anda tidak rusak, atur sensitivitas arus listrik maksimum di atas hasil perkiraan Anda. Anda bisa menurunkannya jika multimeter tidak membaca apa pun saat disambungkan ke sistem Anda.

Sambungkan ujung tembaga ke terminal. Multimeter Anda dilengkapi dengan 2 kabel, satu berujung logam pengukur, dan satu lagi berujung tembaga. Sambungkan kedua kabel ke terminal yang sesuai untuk mengukur arus listrik sistem listrik. Panduan penggunaan alat akan menunjukkan terminal-terminal yang benar, jika labelnya tidak kelihatan jelas.

Nyalakan jaringan listrik dengan multimeter untuk mengukur arusnya. Langkah ini sangat berbahaya dan dapat menyebabkan kejutan listrik jika Anda mengukur arus AC rumah tangga, atau sumber daya bervoltase dan berarus tinggi lainnya, atau bahkan sumber daya berarus rendah. Matikan semua sakelar pemutus tenaga sebelum bekerja dan gunakan ujung logam pengukur AC untuk melihat apakah AC benar-benar mati sebelum menyentuh kabel, terutama bagian yang tidak dibungkus lapisan pelindung. Jangan bekerja di tempat basah atau bahkan agak lembap karena air menghantarkan listrik sehingga dapat mencelakai Anda. Kenakan sarung tangan karet. Ambillah langkah-langkah pencegahan lainnya. Berkonsultasilah langsung dengan teknisi listrik (jangan sekadar membaca artikel di net) sebelum Anda bekerja. Asumsikan ada lapisan pelindung kabel yang terkelupas akibat cacat dalam pemasangan atau usia tua. Kabel yang tidak dibungkus pelapis pelindung akan menyebabkan kejutan listrik. Sebaiknya, mintalah seseorang bersiap-siap menghubungi ambulans, seandainya terjadi kecelakaan dan Anda membutuhkan bantuan darurat dengan segera. Orang ini sebaiknya sudah terlatih untuk pertolongan pertama dan CPR. Jika Anda mengalami kejutan listrik, orang ini perlu memindahkan Anda dari sistem listrik menggunakan bahan-bahan yang tidak menghantarkan listrik, misalnya kain kering, supaya orang ini tidak ikut tersetrum listrik. Anda harus selalu berkonsultasi dengan teknisi listrik profesional dan membaca buku panduan penggunaan sebelum bekerja (bukan melalui artikel di internet) dan mengetahui jenis arus yang akan dihadapi. Jepitkan kabel di satu titik ke tembaga di multimeter. Pastikan bagian kabel yang terbuka tidak menyentuh Anda. Nyalakan kembali pemutus listrik dan sesuaikan sensitivitas meter jika tidak ada bacaan yang keluar.

Matikan sakelar pemutus tenaga dan gunakan ujung logam pengukur AC untuk memastikan AC dalam keadaan mati. Hanya dalam kondisi ini Anda boleh merangkai ulang jaringan listrik. Ikutilah panduan pencegahan yang dicantumkan di langkah five dan buku panduan penggunaan (dan bukan artikel di internet) untuk berjaga-jaga. Setelah membaca, perbaikilah jaringan listrik Anda yang rusak. Akan lebih aman jika Anda membeli dan memasang kabel baru dibandingkan menambal region yang terpotong.

Menu